Tuesday, August 29, 2023

Nadya Ikut OSN Tahun 2023 di Bogor

Nadya betul-betul membuktikan dirinya bisa eksis di MAN Insan Cendekia Gorontalo (ICG), tempatnya mengenyam pendidikan tingkat SLTA. Olimpiade Sains pun bisa dia taklukkan. Dua tahun berturut-turut, Nadya berhasil menempatkan namanya dalam daftar peserta Olimpiade Sains mewakili MAN ICG untuk bidang Kimia, yaitu tahun 2022 dan tahun 2023. Bahkan pada tahun ini, Nadya berhasil mengikuti Olimpiade Sains tingkat Nasional (OSN) di Bogor mewakili Provinsi Gorontalo. Sebuah pencapaian yang tidak bisa diremehkan. 

Sejak mendaftarkan diri sebagai calon siswi MAN Insan Cendekia Gorontalo, Nadya memang sudah ancang-ancang dengan berbagai torehan prestasi. Nadya tidak ingin hanya sekedar "numpang lewat" di MAN ICG. Salah satu harapannya adalah mengikuti lomba sains bergengsi yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek tiap tahunnya. Dan.... alhamdulillaah, harapannya itupun terwujud. Tahun pertama (2022) Nadya ikut seleksi calon peserta Olimpiade Sains tingkat sekolah, Nadya langsung terpilih sebagai salah seorang siswa yang mewakili MAN ICG pada tingkat Kabupaten Bonebolango. Pada seleksi tingkat kabupaten, OSK (Olimpiade Sains Kabupaten), Nadya kembali masuk dalam 3 besar bidang Kimia untuk terus berlaga di tingkat provinsi. Nama Nadya ada di peringkat pertama bidang Kimia. Sayangnya, Nadya terhenti pada seleksi tingkat provinsi, OSP (Olimpiade Sains Provinsi). Nadya berada pada urutan ke-2 bidang Kimia dan nilainya tidak memenuhi standard untuk ikut lomba tingkat nasional mewakili Provinsi Gorontalo. 

 Kegagalan untuk ikut OSN pada tahun pertama memecut tekad Nadya untuk ikut lagi bertarung pada tahun 2023. Kali ini semua tingkatan seleksi berhasil ia lalui dengan baik, mulai dari seleksi tingkat sekolah (MAN ICG), seleksi tingkat kabupaten (Bone Bolango), hingga seleksi tingkat provinsi (Gorontalo). 

Nadya adalah peserta satu-satunya dari bidang Kimia yang mewakili Provinsi Gorontalo untuk ikut pada ajang OSN tahun 2023. OSN tahun 2023 ini sudah dimulai sejak tanggal 28 Agustus kemarin. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek ini bertempat di Kota Bogor, mulai tanggal 28 Agustus hingga 2 September 2023. Semoga Nadya bisa pulang ke Gorontalo dengan membawa medali, aamiin yaa Allah.

No comments:

Keluarga NHA

Keluarga NHA